Sunday 3 May 2009 05:32

Selamat Jalan Parto....

Parto, nama yang kuberikan untuknya. Umurnya sekitar 4 bulan. Dia diadopsi dari jalanan di daerah Bekasi Jawa Barat. Itupun aku mendapatkannya dari adikku yang tidak sanggup memeliharanya selain karena dia juga punya kucing dewasa yang galak-galak saat itu dia pun tengah sibuk mempersiapkan kelahiran anaknya. Bulu Parto putih sehingga terpaksa aku rutin memandikannya agar terlihat selalu bersih.

Tidak seperti anak kucing pada umumnya, Parto agak pendiam. Bercanda pun hanya sekedarnya. Meskipun di tempatku banyak kucing yang seumurannya tetapi dia memilih untuk selalu bersamaku dalam berbagai kesempatan. Bahkan dia tidur sebantal denganku.

Saat aku mengadopsinya, dia dalam keadaan sakit sehingga aku berinisiatif untuk mengobatinya ke dokter hewan terdekat. Dokter telah mendiagnosa bahwa Parto menderita penyakit virus parfo yang kemungkinan untuk sembuh sedikit sekali. Walaupun aku sedih dan terkejut mendengarnya tetapi aku bertekad akan merawatnya dan berharap dia kuat dan sembuh.

Hari demi hari berlalu dan tiba-tiba Parto berubah menjauh dariku. Dia selalu bersembunyi di kolong lemari, dikolong kulkas, atau dibelakang rak televisi. Sampai suatu hari saat itu sekitar jam 04.00 aku mendengar suara Parto terbatuk-batuk. Aku langsung bangun dan kutemukan dia sedang menderita karena batuk. Kudekap dia, kubelai sambil menghibur dengan kata-kata lembut bahwa dia akan sembuh. Tetapi apa yang terjadi… ditanganku, tubuh outih mungil itu menghembuskan nafas yang terakhir…

Aku hanya bisa menangis sambil mendekapnya. Kubungkus dia dengan baju kesayanganku. Saat pagi menjelang, kukubur di halaman rumahku teriring ucapan, selamat jalan Parto sayang, ibu akan selalu mengenangmu…

0 Comments On "Selamat Jalan Parto...."

Followers

Powered By Blogger
Blogger Templates